Thursday, April 17, 2008

Ombak Besar

Siapa yang tidak tahu Samudra Pasifik (Pacific Ocean)? Samudra terluas di Dunia yang sering disebut lautan teduh ini, ternyata menyimpan sebuah misteri yang dapat mencelakakan siapa saja yang berusaha melewatinya.

Ombak besar muncul tiba-tiba, setinggi gedung bertingkat sepuluh (sekitar 30 meter). Gelombang raksasa yang merusak kapal laut dalam kisah-kisah pelayaran, tidak hanya nyata, tapi sering terjadi. Sebagai referensi, gelombang masif di Samudra Pasifik menyapu kapat tanker Stolt Surf pada tahun 1977.

Sekitar 7 tahun yang lalu, Uni Eropa meluncurkan MaxWave, untuk mengukur ketinggian ombak-ombak di seluruh dunia, mengumbulkan data radar yang dikumpulkan oleh satelit dalam satu dekade terakhir. Wahana pengorbit tersebut mengintip menembus awan dan kegelapan, merekam setiap aktivitas ombak setiap 189 kilometer.

Serngkali, raksasa-raksasa ini muncul di dekat pertemuan massa udara yang berbeda suhu, atau ketika arus samudra memperbesar gelombang yang berlawanan arah. Kini ada upaya untuk merekam ombak-ombak ekstrem di daerah yang mencurigakan, seperti Segitiga Bermuda.

No comments: