Thursday, April 17, 2008

Bahtera

Ingat kisah Nabi Nuh? Nabi Nuh ini terkenal dengan rancangan kapalnya. Bahteraya telah menyelamatkan kehidupan di Dunia pada masa lampau, termasuk tumbuhan, hewan, dan pastinya manusia-manusia (umat Nabi Nuh) yang patuh dan tunduk terhadap-Nya. Hal yang menarik, ada rancangan bahtera baru. Mungkinkah?

Kita sering teringat untuk menyelamatkan data-data komputer kita di lokasi lain untuk menyelamatkan file-file foto, musik, video, formulir pajak, atau apapun yang kita anggap penting dan layak. Tapi apakah kita pernak berpikir untuk menyelamatkan makanan kita dari bencana?

Di Pulau Spitsbergen, Norwegia, telah dibangun sebuak kubah untuk melindungi bibit-bibit hasil bumi paling penting di Dunia terhadap serangan penyakit, perang, atau bencana alam lainnya. Dipahat pada batu di bawah lapisan luar tanah beku di Kepulauan Arktika dan dirancang untuk menahan nuklir dan bencana-bencana lain.

Kubah ini dapat menampung hingga tiga juta bibit utama. Kubah ini dijadwalkan dibuka pertama kalinya secara resmi pada Maret 2008. Global Crop Diversity Trust adalah pemprakarsa proyek ini, dengan dana dari pemerintah Norwegia.

No comments: